Minggu, 01 Juli 2012

Dinas Pendidikan Sumut Belum Tetepkan Ujian Kesetaraan

Medan Jaya Giri Online ;

 Dinas Pendidikan Sumatera Utara belum dapat menetapkan sejumlah peserta ujian kesetaraan karena Dinas Pendidikan kabupaten/kota hingga kini belum seluruhnya mengirimkan nama-nama peserta meski ujian akan dilaksanakan 9 Juli 2012.


Kepala Dinas  Pendidikan  Sumut 
     Dr.Syaiful  Syafri




Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut Syaiful Syafri di Medan, mengaku menyesalkan keterlambatan pengiriman data peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaran (UNPK) 2012 oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota di daerah itu.

"Kami minta agar kabupaten/kota secepatnya menyerahkan daftar peserta UNPK program A, B dan C serta C Kejuruan. Sebab hingga kini baru Langkat yang mengirimkan datanya sebanyak 635 orang dan Binjai 416 orang yang akan ikut serta pada UNPK periode I 2012," katanya, hari ini.








Ujian paket C akan dilaksanakan pada 9-12 Juli 2012 serentak di seluruh kabupaten dan kota di Sumut, sedangkan paket A dan B pada 16-18 Juli 2012.

"Saya juga minta kabupaten/kota menyerahkan data peserta paket A, B, dan C mulai tahun 2009 hingga 2012. Hal ini dimaksudkan guna mengetahui berapa besar jumlah warga yang telah mengikuti ujian pendidikan kesetaraan karena ini terkait penuntasan wajib belajar di Sumut," katanya.

Status kelulusan program pendidikan kesetaraan memiliki hak memperoleh hasil dan kesempatan belajar yang sama atau setara dengan pendidikan formal dalam memasuki lapangan kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Berdasar Pasal 26 ayat 3 UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan kesetaraan adalah program pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidkan umum setara SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA yang mencakup proram Paket A, B dan C.

Dalam Pasal 26 ayat 6 jelas disebutkan bahwa hasil pendidikan non formal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. "Untuk itu kepada calon peserta ujian saya minta untuk serius belajar agar nantinya dapat lulus," katanya.(M.Yahya s?Was)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar